Tips Agar Sukses Ujian Nasional



sumber gambar: edukasi.kompasiana.com
 
Ujian Nasional (UNAS) memang menjadi momok bagi beberapa atau sebagian besar dari pelajar sekolah yang akan menempuhnya, baik itu pelajar SD, SMP, atau SMK/SMA. Namun UNAS tetap harus ditempuh sebagai syarat kelulusan seorang siswa. Oleh karena itu banyak dari siswa-siswi sekolah ini melakukan berbagai cara untuk dapat mendapatkan nilai terbaik atau hanya sekedar dapat nilai untuk lulus saja. Banyak yang mencoba membeli kunci jawaban yang belum tentu itu kunci jawaban yang asli, meminta bantuan dukun yang belum tentu dukun itu bisa mengerjakan soal ujian wkwk, dan hal-hal lain yang kurang masuk akal. Namun tidak sedikit pula dari siswa siswi yang akan menjadi generasi penerus bangsa ini belajar dengan sungguh-sungguh, mendeketakan diri kepada tuhan dan berdoa agar dapat mendapatkan nilai maksimal. Berikut ini beberapa tips untuk siswa siswi yang akan menjalani UNAS yang mungkin dapat diterapkan agar dapat mendapatkan nilai terbaik:

Berlatih Mengerjakan Soal Ujian
Dari zaman nenek moyang kita, yang namanya ujian nasional itu soalnya ya itu-itu saja jenis soalnya. kalaupun berbeda hanya berbeda angka atau kata-katanya saja. pada intinya soal-soal itu sama saja. Sehingga dengan berlatih mengerjakan soal-soal ujian dan mencocokan hasil pekerjaan itu dengan kunci jawaban, maka kita akan tahu bagaimana mengerjakan soal yang jenisnya begini, dan kalau salah yang kita kerjakan kita tahu salahnya ini, dan harusnya begini. Maka rumus-rumus atau metode-metode mengerjakan soal dengna jenis tertentu itu terekan di otak kita dengan baik.

Jangan Belajar Terlalu Lama, Tetapi Teratur
Belajar itu tidak harus lama-lama cukup 30-60 menit saja saat malam hari. Karena jika kita belajar terlalu lama otak kita akan lelah dan kemampuan mengingatnya pun menjadi berkurang. Jadi cukup dengan 30 menit namun kita paham dan tahu apa yang kita pelajarin daripada belajar 2 jam tetapi hanya 50% yang dapat kita ingat dan pahami. Setelah belajar langsung tidur agar otak kita bisa beristirahat dan apa yang kita pelajari tersimpan dengan baik diotak.

Belajar setelah sholat subuh
Bagi yang muslim tentu sholat adalah kewajiban kita sebagai muslim. Nah ternyata belajar setelah sholat subuh atau dipagi hari ini sangat efektif. Hal in bisa dipraktikan saat hari H ujian nasional. malamnya belajar sampai jam 9 lalu tidur. dan pagi bangun jam 5, sholat subuh lalu belajar 30-60 menit. lalu baru bersiap untuk berangkat. Sehingga yang kita pelajari masih teringat saat mengerjakan ujian.

Berdoa dan Dekatkan Diri Pada Tuhan
Kita sebagai manusia tentu hanya bisa berusaha, semuanya kita kembalikan kepada Allah. Sebesar apapun usaha kita jika Allah tidak mengehendaki maka tak akan tercapai. oleh karena itu berdoalah dan dekatkan diri kepada Allah dan memohon untuk dimudahkan segalanya dan dilancarkan sehingga dapat mendapat nilai maksimal.

Sekian Tips dari saya, semoga siswa siswi yang akan menempuh UNAS mendapat nilai yang maksimal dan membanggakan. Serta lulus dengan hasil yang memuaskan.
 

Comments

  1. FXB Trading has revolutionised the CFD market and has grabbed the attention of traders all over the world. Some traders feel that this website has shaken the CFD market to its very core. This has been made possible with the trading platforms and its speculative tools. It also offers a vast range of informative articles

    ReplyDelete

Post a Comment